Best Education System

APA ITU BEST EDUCATION SYSTEM ?

BEST EDUCATION SYSTEM adalah sebuah software pendidikan yang berorientasi pada :
    System Pencatatan (Untuk database sekolah)
    System Pengawasan dan Pelaporan (Orang tua/wali di-ikutsertakan)
    System Pembelajaran (E-Learning)

LOGO BESTBEST EDUCATION SYSTEM dibangun dengan bahasa pemrograman berbasis web, sehingga dapat diakses melalui WEBSITE sekolah, selain itu juga telah dilengkapi dengan sistem SMS Gateway, sehingga dapat juga diakses melalui media SMS.  Dengan demikian informasi data pada BEST Education System dapat diakses kapapun dan dimanapun.

Informasi yang dapat diakses meliputi, nilai-nilai ulangan dan tugas-tugas, absensi, prilaku siswa, kegiatan ekstrakulikuler, bahkan informasi biaya-biaya pendidikan (tunggakan), kalender pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan BEST EDUCATION SYSTEM diharapkan akan tercipta berbagai hal yang positif dilingkungan sekolah, beberapa contoh antara lain :
    Terciptanya komunikasi yang lancar antara pihak sekolah dan para orang tua/wali murid dan juga antara murid dan guru.
    Meningkatnya kedisplinan siswa, ditandai dengan berkurangnya berbagai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para siswa.
    Meningkatnya presetasi siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai-nilai yang diperoleh oleh para siswa.
    Sistem administrasi sekolah terdata dengan baik dan aman.

Pihak sekolah tidak perlu menyediakan perangkat keras tambahan untuk menjalankan software ini. BEST EDUCATION SYSTEM menyediakan semua server dan perangkat sms gateway yang dibutuhkan untuk berjalannya system ini.

Semua orang dalam lingkungan sekolah memiliki jenjang dan lingkup akses yang berbeda-beda dalam BEST EDUCATION SYSTEM. Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan bagi para operator dalam Aplikasi BEST.

Guru Bidang Study :
Memiliki Akses untuk memasukan data nilai siswa untuk pelajaran pada kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Selain itu para guru bidang study diharapkan mampu memaksimalkan fitur e-learning dengan cara memasukan materi pelajaran, tugas-tugas dan juga soal-soal kedalam sistem aplikasi program, agar dapat dimanfaatkan oleh para siswa.

Guru BP :
Memiliki Akses untuk mengolah data-data prilaku semua siswa, baik berupa pelanggaran maupun penghargaan bagi siswa. Untuk sekolah-sekolah yang tidak memliki Guru BP, tugas untuk pendataan prilaku siswa biasanya dibebankan kepada wali kelas.

Guru Piket :
Memiliki Akses untuk mengolah data-data absensi semua siswa.

Wali Kelas :
Terbatas hanya pada siswa-siswa pada kelas yang menjadi tanggung jawabnya, para wali kelas diberi akses untuk mengolah data-data pribadi siswa secara detail, memasukan data absensi, data kegiatan exkul dan juga prilaku siswa.
Wali kelas tidak dijinkan untuk memasukan data nilai dan data keuangan siswa.

Bidang Kurikulum :
Memiliki akses untuk mengolah master data program meliputi, kalender pendidikan, daftar dan jadwal mata pelajaran, jumlah kelas dan penyelenggaraan jurusan dan lain sebagainya.

Penanggung Jawab Extra Kurikuler :
Memiliki akses untuk mengolah data kegiatan, absensi dan penilain extra kurikuler bagi siswa yang menjadi tanggung jawabnya.

Tata Usaha Sekolah (Adminsitrasi) :
Petugas adminsitrasi sekolah memiliki akses data yang luas meliputi berbagai sub bagian yaitu :
Data Kesiswaaan :
Untuk mengolah data-data siswa meliputi data pribadi siswa secara lengkap, dan data-data siswa yang berhubungan dengan komunikasi data seperti, User ID dan Password bagi orang tua/wali murid dan juga untuk murid/siswa itu sendiri, foto digital siswa dan no hp orang tua.

Data Keuangan Siswa :
Untuk mengolah data-data keuangan siswa yang berhubungan dengan biaya pendidikan siswa (Tunggakan & Tagihan)

Data Keuangan Sekolah :
Untuk mengolah data-data kas/bank (rekening), memasukan data-data pengeluaran (pembelanjaan) dan penerimaan sekolah, mengolah data-data laporan untuk mata anggaran khusus, contohnya laporan penggunaan dana BOS.

Data Accounting :
Untuk mengolah data-data laporan keuangan dan menjalankan fungsi pengawasan terhadap keuangan sekolah.

Data Kepegawaian :
Untuk mengolah data-data pegawai sekolah, meliputi master data (data pribadi, data keluarga, pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan). Disamping itu juga mengolah data kinerja guru dan pegawai sekolah, data-data SK pengakatan dan mutasi, melakukan perhitungan gaji bagi guru dan pegawai sekolah.

Pustakawan :
Memiliki akses untuk mengolah data-data perpustakaan, meliputi pendataan buku-buku (Kode, Judul, pengarang, penerbit, kategori buku) dan juga transaksi peminjaman dan pengembalian buku.
Daftar buku yang dimasukan kedalam sistem program, tidak hanya buku-buku berwujud fisik, akan tetapi juga buku-buku electronic.

Admin User :
Memiliki akses untuk mendaftarkan user dalam sistem program, memberikan/menentukan akses untuk masing-masing user.
Admin user biasanya diberikan kepada kepala sekolah dan seseorang yang benar-benar dipercaya serta memiliki pengetahuan tentang sistem dan prosedure yang berlaku disekolah.
Admin user dapat mengakses dan mengolah semua jenis data dalam sistem program.

FITUR-FITUR PROGRAM
BEST EDUCATION SYSTEM disajikan dalam 3 (tiga) bentuk menu yaitu :
1.    Menu Admin (Untuk Guru-guru, Karyawan Sekolah dan Admin)

PengatuRan program :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengaturan (setting) program, meliputi daftar dan jadwal mata pelajaran, penentuan jam pelajaran, penyelenggaraan jurusan, jumlah kelas, jenis penilaian dan juga kalender pendidikan

Data-data siswa :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengolah data-data siswa, meliputi data pribadi siswa, data nilai, data absensi, data extra  kurikuler dan juga data prilaku siswa.

Kegiatan Tahunan :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengolah data-data siswa, yang dilakukan setiap pergantian tahun ajaran yaitu, PSB (Penerimaan Siswa Baru), Proses Kenaikan Kelas dan Proses Kelulusan.

Perpustakaan :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengolah data perpustakaan, meliputi pendataan buku (Kode, Judul, pengarang, penerbit, kategori buku) dan juga transaksi peminjaman dan pengembalian buku.

Umum & Administrasi :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengolah data administrasi sekolah yaitu :
    Adminsitrasi Keuangan Siswa (Biaya Pendidikan, jatuh tempo, pembayaran, laporan tunggakan dan konfirmasi pembayaran)
    Administrasi Keuangan Sekolah (Rekening Kas/Bank, Pengeluaran & Penerimaan, Dana & Anggaran)
    Accounting (Daftar Perkiraan, Jurnal Harian, Buku Besar, Neraca Saldo, Laporan Surplus & Defisit, Neraca)
    Kepegawaian (Data-data guru & karyawan sekolah, absensi guru & karyawan, penilaian kinerja dan perhitungan gaji).

Komponen TIK :
Modul yang digunakan untuk mengolah data-data e-learning (materi, tugas, Bank Soal dan E-Test), melakukan pengiriman SMS kepada orang tua/wali murid secara masal, menulis pada forum orang tua dan juga forum siswa.

Sandi User & Utilitas :
Modul yang digunakan untuk melakukan pengantian password bagi para user, dan untuk admin, dapat juga digunakan untuk mendaftarkan user baru dalam sistem program, sekalgus menentukan jenjang dan lingkup akses terhadap user tersebut.

Terdapat juga beberapa utilitas lainnya seperti :
Menu Bantuan :
Digunakan oleh para user untuk mempelajari lebih jauh cara-cara penggunakan sistem program BEST Education System
Pesan-pesan :
Digunakan untuk menerima dan mengirimkan pesan dari dan kepada, orang tua/wali murid, para siswa dan juga sesama guru/karyawan sekolah.
Jadwal mengajar :
Dimanfaatkan oleh para guru untuk melihat jadwal mengajar yang menjadi tanggung jawabnya.

** Beberapa contoh-contoh tampilan dalam Menu Admin dapat dilihat pada lampiran 1

2.    Menu Parents (Untuk para orang tua/wali murid)

Dalam rangka melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya, setiap orang tua/wali murid diberikan akses login untuk melihat data-data pendidikan meliputi Kalender Pendidikan, Jadwal Mata Pelajaran, Kegiatan Extra Kurikuler, Data Nilai, Data Absensi, Data Keuangan (Tagihan/Tunggakan) dan Prilaku Siswa.

Disediakan juga media komunikasi berupa pesan electronic, dimana orang tua/wali murid dapat saling mengirimkan pesan kepada kepala sekolah, wali kelas, guru-guru ataupun karyawan sekolah.

Selain itu disediakan media forum bagi orang tua/wali murid untuk menyampaikan beberapa hal berupa saran/kritik dan masukan-masukan terhadap pihak sekolah. Forum tersebut dapat dilihat/dibaca dan ditanggapi oleh seluruh orang tua maupun guru.

Untuk memberi kemudahan dalam penggunaan aplikasi BEST Education System, diisediakan Menu Bantuan yang berisi petunjuk penggunaan aplikasi dan juga petunjuk penggunaan SMS Gateway.

** Beberap contoh-contoh tampilan dalam Menu Parents dapat dilihat pada lampiran 2

3.    Menu Student (Untuk para siswa/murid)

Para siswa/murid juga diberi akses login kedalam aplikasi BEST Education System untuk melihat data-data meliputi, Kalender Pendidikan, Jadwal Mata Pelajaran, Kegiatan Extra Kurikuler, Data Nilai dan Data Absensi.
Secara khusus, tujuan utama dari pemberian akses login untuk siswa/murid adalah penyediaan fasilitas program dalam rangka menunjang kegiatan belajar yang dikemas dalam bentuk modul :

E-Learning :
Sebuah metode pembelajaran eletronic yang disajikan dalam bentuk pemberian Materi Pelajaran, Tugas-tugas dan Test (Ulangan/Ujian) secara online. Dimana setiap siswa dapat melihat dan mempelajari ataupun mengerjakan Materi / Tugas / Soal-soal tersebut.

Perpustakaan :
Para siswa/murid diberi akses untuk melihat daftar buku yang ada dalam perpustakaan sekolah, dan juga diberikan akses untuk mendownload buku-buku electronic (buku yang tersedia dalam bentuk multimedia).

** Beberap contoh-contoh tampilan dalam Menu Student dapat dilihat pada lampiran 3

APA SAJA KEUNTUNGAN BAGI SEKOLAH ?
    Meningkatnya kredibilitas sekolah dimata masyrakat sebagai dampak dari meningkatnya kedisiplinan dan prestasi akademik siswa.
    Memperoleh fasilitas sistem program aplikasi dan database secara menyeluruh, bukan hanya dalam bidang-bidang yang berhubungan langsung dengan proses pendidikan, akan tetapi juga bidang-bidang lain, seperti keuangan sekolah, accounting dan kepegawaian.
    Meningkatkan dan juga mengembangkan profesionalisme serta kemampuan guru-guru dan karyawan sekolah dalam bidang ICT/TIK.

APA SAJA KEUNTUNGAN BAGI ORANG TUA ?
    Memiliki sarana ataupun alat bantu yang handal dalam melakukan pengawasan secara optimal terhadap putra-putri nya.
    Terciptanya komunikasi yang baik dengan pihak sekolah.

APA SAJA KEUNTUNGAN BAGI SISWA ?
    Memiliki sarana pembelajaran yang handal dan uptodate serta terjalinnya komunikasi yang baik dengan para guru.
    Sedini mungkin telah terbiasa menggunakan dan memanfaatkan Teknlogi ICT/TIK.

BEST SERVICE FEE
Aplikasi BEST tidak dijual dalam bentuk paket software, namun dapat diperoleh dengan cara melakukan kerja sama dengan  pihak manajemen/perusahaan yang menaungi BEST Development Team, yaitu PT. Mega Sakura Intitama.  Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah Jasa Penggunaan Aplikasi BEST untuk jangka waktu tertentu dengan Jasa Penggunaan (Service Fee).

1.    Biaya Berlangganan Siswa
Service Fee untuk siswa ditetapkan Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah) per siswa per bulan. Jumlah siswa ditentukan berdasarkan jumlah siswa aktif dalam database siswa pada aplikasi BEST Education System

2.    Biaya Berlangganan Orang Tua / Wali
Service Fee untuk orang tua/wali ditetapkan Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah) per siswa per bulan. Biaya berlangganan bagi orang tua/wali sifatnya tidak wajib. Bagi orang tua/wali yang tidak berlangganan tidak akan menerima SMS informasi dan juga tidak di-ijinkan untuk login kedalam system aplikasi BEST.

3.    Pulsa SMS Gateway
Dalam pemanfaatan fasilitas BEST SMS Gateway oleh para user, pihak sekolah/lembaga pendidikan akan dikenakan biaya SMS sesuai dengan biaya yang ditentukan oleh operator penyelenggara telephone selular.

4.    Pelatihan (Training)
•    Biaya Pelatihan yang dikenakan kepada pihak sekolah adalah Rp. 150.000,- / jam untuk paket pelatihan 20 jam.
•    Biaya Pelatihan yang ditetapkan hanya berlaku untuk wilayah JABODETABEK. Untuk wilayah lain akan disesuaikan dengan perkiraan biaya akomodasi & transaportasi bagi para trainer.

PENUTUP
Aplikasi BEST EDUCATION SYSTEM menawarkan sebuah paket program pendidikan yang dilengkapi dengan modul-modul program sesuai kebutuhan dunia pendidikan saat ini. Selain itu Aplikasi ini juga menggunakan teknologi tinggi dengan kebutuhan (require) perangkat keras yang tidak memerlukan investasi besar, disertai dukungan penuh (full support) dari pihak software developer.

Program aplikasi pendidikan terlengkap, terfleksibel, full support, aplikasi terintegrasi dan berbasis WEB, dapat digunakan oleh stakeholder pendidikan :

    Sekolah, Murid, Guru,
    Orang tua / wali murid
    Pemerintah
    Masyarakat Luas

Aplikasi pendidikan ini diharapkan menjadi salah satu komponen penting dalam memajukan dunia pendidikan  dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Besar harapan kami agar dapat terjalin kerjasama antara kami dan pihak sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

HUBUNGI KAMI

BEST Development Team – PT. Mega Sakura Intitama
Cabang Batam
http://www.besteducation.web.id

One thought on “Best Education System

  1. Terimakasih….
    Program ini memang memiliki keunggulan-keunggulan dibanding dengan program-program yang sejenis.
    BEST adalah program berbasis WEB dimana setiap modulnya dapat diterapkan secara online. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi setiap Peserta didik, tenaga pengajar dan juga orang tua yang merupakan komponen terpenting di dalam program ini. Sesuai dengan pertanyaan pembaca, cara mendapatkan program ini adalah kunjungi website kami di http://www.besteducation.web.id.Dan untuk mengetahui lebih lanjut call nomor kontak yang telah kami sediakan di dalam tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s