Skandal Jelang Laga Bayern Muenchen VS Barcelona

Muenchen

Berita yg tidak diharapkan menghentakkan masyarakat Jerman khususnya klub sepakbola FC  Bayern München. Minggu kemarin sampai hari ini hampir semua media menjadikannya sbg headlines dalam laporannya. Kasus skandal penggelapan pajak yg dilakukan oleh Uli Hoenes presiden klub Bayern München.

Kasus yg sedang diselidiki oleh petugas pajak ini dimulai dari pengakuan Uli Hoenes sendiri sewaktu diwawancarai majalah Focus. Pada Januari tahun ini dia sempat mengatakan bahwa mempunyai rekening bank di Swiss. Berawal dari keterangannnya  petugas telah melakukan penggeledahan di rumah mewahnya di Tegern See Bayern. Diperkirakan sekitar 3 -20 juta euro pajak yg belum dibayarkan dari ratusan juta euro uang yg disimpan di Swiss.

Dalam pembelaannya Uli Hoenes mengatakan bahwa dia telah membayar penuh pajaknya sebesar 3 juta euro dan bunga uang simpanannya tidak wajib kena pajak. Uang yg ada di Bank Swiss kemungkinan besar digunakannya untuk bermain bursa.

Kasus penggelapan pajak dianggap suatu “dosa” di negeri ini dan pelakunya menurut undang2 bisa dikenakan maximal hukuman pidana sampai 10 thn penjara menurut hukum Jerman. Seehofer pejabat setingkat gubernur di Bayern mengatakan bahwa kasus ini akan ditangani dengan serius dan Uli Hoenes akan diperlakukan seperti orang lain pada umumnya.

Rasa kecewa juga diungkapkan oleh Kanselir Angela Merkel. Uli Hoenes yang selain dikenal sbg mantan pemain nasional sepakbola era tahun 70an bersama Franz Beckenbauer ini,  populer sebagai seorang manager sukses, pemilik pabrik wurst (sosis) dan jg kegiatannya di organisasi2 sosial kemanusiaan.

Matthias Sammer sbg sport direktur mengungkapkan bahwa kasus yang menimpa presiden klubnya tidak akan mempengaruhi timnya menjamu klub terbaik dunia malam ini dalam laga babak semifinal Liga Champion. Kasus tersebut adalah  privat urusan Uli Hoenes karena menyangkut keuangan pribadinya dan tidak ada sangkut pautnya dengan Bayern München.

Untuk mundur sebagai presiden sepertinya Uli Hoenes belum memikirkannya dan malam ini dia jg akan hadir di stadion Allianz Arena.

Dalam laga malam nanti Bayern harus membuat pilihan siapa yang akan menggantikan striker Mario Mandzukic yang terkena akumulasi kartu. Pilihan yang sulit bagi Jupp Heynckes karena kedua penyerang pengganti Mario Gomez dan Claudio Pizzaro mempunyai kualitas yg sama baiknya.

Di pihak Barcelona kepastian dimainkannya pemain terbaik dunia Lionel Messi juga masih tanda tanya. Jikapun dimainkan dipastikan belum mencapai kondisi 100% fit akibat cedera kaki. Kehadiran Messi di tubuh Barca sangat diperlukan, dari pertandingan terakhir melawan Paris Saint German tanpa dia hampir saja Barca tersingkir setelah ketinggalan 1 gol di kandang. Dengan dimasukkannya Messi menyelamatkan muka Barca sekaligus mengantarkannya ke babak semifinal. Messi diyakini mempunyai nilai 30% dari keseluruhan kekuatan Barca, tanpa Messi Barca hanya mempunyai 70% kekuatan saja..

Kasus yang menimpa presiden klub Bayern ini sedikit mengingatkan kejadian yg hampir mirip dengan kesebelasan nasional Italia waktu berlaga di piala dunia 2006. Dimana waktu itu beberapa pemainnya diisukan memanipulasi beberapa pertandingan di liga untuk meraih keuntungan melalui perjudian bola. Kasus tersebut tidak membuat mental mereka menjadi lembek tetapi malah dijadikan motivasi besar dan akhirnya bisa meraih piala tersebut.

Sekiranya Bayern München bisa belajar dari kesebelasan Italia yg menjadikan kasus ini sebagai motivasi, bukan hal yg tidak mungkin mereka pun bisa meraih lambang supremasi piala klub eropa ini. Apalagi didukung oleh para pemainnya yg disebut-sebut saat ini merupakan klub terbaik Bayern München sepanjang sejarah keberadaannya (rilis : BZ)

Sumber : Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s