8 Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan adalah sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk menyeberang dari suatu tempat ke tempat yang lain biasanya adalah sungai, antara dua tebing, atau antara dua gedung. Adapun ribuan jembatan kita bisa lihat diseluruh dunia, namun yang membuat kita terheran-heran ketika jembatan itu dibuat dan dibentuk melebihi ukuran rata-rata atau memiliki panjang diatas rata-rata, mari kita mulai penelusuran kita awali dari peringkat paling teratas.

1. Qingdao Haiwan Bridge – CHINA

Jembatan ini memiliki panjang 41,58 Km, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia yang masih berdiri sampai sekarang yang tercatat dalam Guinness World Records. Jembatan ini menghubungkan distrik Qingdao dan Huangdao diteluk Jiaozhou. Mulai dibangun pada tahun 2007 dan pengerjaannya selesai pada tahun 2011 belum lama ini.

Qingdao Haiwan Bridge

Qingdao Haiwan Bridge

2. Lake Pontchartrain Bridge – AMERIKA SERIKAT

Jembatan ini memiliki panjang total 38,35 Km dibangun diatas danau Ponchartrain didaerah selatan Loussiana-Amerika Serikat. Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di dunia diatas air tawar yang sudah beroperasi sejak tahun 1969.

Lake Pontchartrain Bridge

Lake Pontchartrain Bridge

 

 

3. Manchac Bridge – AMERIKA SERIKAT

Jika kriteria sebuah jembatan dipersempit menjadi kategori bentang panjang jembatan diatas air, maka manchac bridge adalah pemenangnya. Panjangnya adalah 36,69 Km mulai dibuka pada tahun 1979 dan dibangun diatas sebuah rawa di manchac serta menghabiskan dana pembangunan US 7juta/Kilometernya.

Manchac Bridge

Manchac Bridge

4. Hangzhou Bay – CHINA

Hangzhou Bay bridge dengan panjang total 35,67 Km kali ini menempati urutan ke empat posisi jembatan terpanjang didunia. Jembatan ini selesai pada 14 Juni 2007 dan menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang.

Hangzhou Bay Bridge

Hangzhou Bay Bridge

 

 

5. Runyang Bridge – CHINA

Runyang Bridge adalah jembatan yang merupakan bagian dari sebuah jalan tol yang menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain di sungai Yangtse Kota Nanjing di provinsi Jiangsu dan memiliki panjang 35,66 Km.

Runyang Bridge

Runyang Bridge

 

6. Donghai Bridge – CHINA

Jembatan ini membentang membelah laut yang menghubungkan Kota Shanghai dan Pulau Yangshan. Jembatan yang selesai di bangun pada tahun 2005 ini memiliki panjang 32,5 Km yang sebagian dari jembatan ini memiliki tinggi yang rendah namun dibagian tengahnya terdapat bagian yang tinggi. hal ini dibangun dengan tujuan agar kapal-kapal yang melintas dan masuk ke pelabuhan bisa melintas dibagian tertingginya bahkan sebuah kapal induk sekalipun bisa melewati jembatan ini.

Donghai Bridge

Donghai Bridge

7. Atchafalaya Swamp Expressway – AMERIKA SERIKAT

Jembatan Atchafalaya Swamp Expressway adalah sepasang jembatan paralel yang menghubungkan Baton Rouge dan Lafayette, jembatan ini memiliki 10 ruas jalan dengan total panjang 29,2 Km.

Atchafalaya Swamp Expressway

Atchafalaya Swamp Expressway

8. Chesapeake Bay Bridge Tunnel – AMERIKA SERIKAT

Dimulai pada 1930-an dan selesai pada tahun 1964 jembatan ini memiliki panjang 28,3Km.  Dibangun diteluk Chesapeake yang menghubungkan pantai timur semenanjung Delmarva Virginia beach dan daerah metropolitan jalan Hampton virginia. Pembuatan jembatan ini disinyalir untuk menggantikan peranan kapal ferry di semenanjung tersebut.

Chesapeake Bay Bridge-Tunnel

Chesapeake Bay Bridge-Tunnel

 

Edit By : BZ

Sumber : Ijogading.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s