“Kesadaran” – By Soraya Haque

Soraya Haque

Soraya Haque – Kompasiana

Tulisan ini adalah tulisan Soraya Haque temanku sesama kompasioner, dan telah mengizinkan saya untuk menerbitkan kembali tulisan ini ke dalam blog sederhana ini.

“KESADARAN”

Sesuatu yang pasti dalam hidup ini adalah kematian, seakan merenggut kehidupan dalam sekejap. Saat manusia lengah dalam hingar bingar rutinitas, membuat terlena dengan gegap gempita tarikan duniawi yang kuat menggairahkan. Seakan ingin menguasai demi kepuasan diri sendiri.

Saat usia bumi makin tua, semakin banyak manusia yang menjadi frustasi menghadapi kenyataan hidup yang jauh dari impian. Dengan segala macam cara melegalkan atas nama kepuasan. Puaskah kita dengan keadaan sekarang? Pernahkah ada waktu memikirkan? Saat frustasi, banyak jiwa-jiwa gelisah mencari pencerahan agar  merasa tenang dalam melakoni hidup. Tawaran dengan meditasi tapi justru terjebak dalam ritual-ritual palsu, yang ujung-ujungnya pada aliran yang menyesatkan.

Akhirnya, saya berpikir bagaimana membuat diri bahagia. Bukankah apa yang sedang diperjuangkan ini semua untuk mengejar sebuah kebahagiaan? Kebahagiaan yang akan membawa kita pada inti kehidupan ini, perjuangan dan kebenaran. Dua hal besar yang dibawa oleh kita semua. Karena kehidupan ini ternyata meditasi, alias kesadaran, “eling” kata orang Jawa. Harus ketemu formulanya dulu, atau “passwordnya”, baru meditasi bisa jalan otomatis.

Harus mengenal diri yang asli. Untuk menuju diri yang asli, sejatinya jiwa harus jutaan kali berputar dalam kehidupan. Semua itu terlompati langsung kembali ke posisi semula. Saat kita mengenal diri, seluruh perasaan baik itu emosi bercampur aduk saling berebut pengaruh untuk menguasai jiwa kita. Saat kita bisa melampui itu semua, keadaan itu dapat dengan mudah disadari, karena saat pikiran padam atau sadar, semuanya menjadi penuh dengan makna  dan cinta, di situlah kebahagiaan yang sejati muncul.

Ditulis Oleh :

Soraya Haque di Kompasiana (29/04/2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s