Nilai UN Dari 0,8 Menjadi 7,8 Koq Bisa….?

gita

Gita Saraswati

Peristiwa aneh bin aneh terjadi saat pengumuman Ujian Nasional (UN) tahun ini. Adalah Gita Saraswati (17), Siswi SMA Negeri 15 Medan Sunggal, Sumatera Utara dinyatakan tidak lulus ujian nasional, karena nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia-nya hanya 0,82.

Melihat hasil ini, Gita seakan tidak percaya bahkan tidak menerima ketidak lulusannya. Menurut Gita, pada saat ujian dia meyakini bahwa mampu menjawab soal-soal yang di berikan saat itu. “kurang lebih saya menjawab 20 soal”, ujar Gita.

Hal inipun disampaikan Gita ke publik, sehari setelah itu perjuangan Gita tidak sia-sia, sebab tiba-tiba saja dari pihak sekolah Gita dinyatakan lulus ujian nasional.

Hal aneh bin ajaibpun terjadi, dari nilai 0,82 tiba-tiba berubah menjadi 7,8. Dari tidak lulus menjadi lulus. Aneh sekali, apakah ini cerminan pendidikan Indonesia?

Darwin Siregar,yang juga Kepala Sekolah SMAN 15 Medan Sunggal,mengaku tidak tahu tentang perubahan nilai Bahasa Indonesia Gita Saraswati. “Bukan Domain saya menjawab itu” ujar Darwin saat ditanya Merdeka.com. “itu urusan panitia ujian nasional”, tambahnya.

Ketika dikonfirmasi juga kepada Yusri (Ketua Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Sumut, beliau juga mengatakan “saya tidak mengetahui soal itu”, hal senada diungkapkan Marasutan Siregar selaku Ketua Panitia UN Kota Medan.

Jika sudah begini ceritanya, siapa yang bertanggungjawab?

Sudah selayaknya sistem pendidikan kita direevaluasi kembali.

Sumber : http://www.merdeka.com

2 thoughts on “Nilai UN Dari 0,8 Menjadi 7,8 Koq Bisa….?

  1. Nilai UN dari 0, 8 menjadi 7, 8 bisa aja berubah sekejab, karena hanya satu angka yang dirubah angka 0 jadi angka 7, jadi jaman sekarang hal seperti itu sudah biasa,
    bukan kebetulan itu dimedan ” Hepeng Namangatur Negaraon ” istilah orang medan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s