Pujian Bagi Taufiq Kiemas Bisa Dongkrak Posisi Politik PDI Perjuangan

taufikmegaTaufiq Kiemas Ketua MPR-RI meninggal pada Sabtu (8/6) di Rumah Sakit General Singapura, setelah disemayamkan satu malam di Kedutaan Besar RI Singapura. Akhirnya pada Minggu (9/6) jenazah almarhum diterbangkan ke Halim Perdana Kusuma Jakarta yang kemudian dimakamkan di TMP Kalibata. Prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Taufiq Kiemas memang sudah tiada, namun pujian bagi beliau atas dedikasinya buat negara terus mengalir dari para elit politik, elit pemerintahan dan para wakil-wakil rakyat di DPR, MPR, dan DPD. Pujian buat almarhum tidak hanya datang dari tubuh partainya sendiri dan juga koalisinya di oposisi, namun hampir semua orang memberi kesan positif atas kinerja dan aksi Kiemas selama ini baik disisi politik maupun disisi sebagai pimpinan lembaga tertinggi negara. Tidak terkecuali, pujian juga mengalir dari setiap lawan politik dari partai yang diyakininya.

Jika hal ini dihubungkan dengan dunia perpolitikan nasional, maka pujian-pujian ini bisa membawa efek bagi partainya. Ini bisa mendongkrak posisi politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai partai yang membesarkannya. Kenapa hal ini bisa membuat efek positif…??

Dari sejumlah petinggi-petinggi negeri ini dan juga pimpinan-pimpinan partai menilai bahwa almarhum seorang sosok yang perlu diteladani. Diantara petinggi dan elit-elit ini ada sejumlah nama yang memberi pujian positif untuk Kiemas adalah Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wapres RI Jusuf Kalla, Din Syamsudin, Yusril Ihza Mahendra, Sutiyoso, Siti Hardiyanti Rukmana, KH Said Agil Siradj, dan masih banyak lagi.

Bukankah mereka ini yang memberi pujian secara politis adalah “rival”??, dari pujian positif tersebut mengatakan bahwa sosok Taufiq Kiemas adalah sosok yang masuk pada semua golongan, tidak mau mencari musuh, menjaga keutuhan negara, dan lebih ekstrim sebagai penjaga nasionalisme.

Pujian-pujian ini pun tanpa disadari dinilai oleh segenap rakyat Indonesia, bahwa PDIP sebagai partai yang membesarkan namanya adalah partai yang benar-benar menjaga keutuhan nasionalisme negara. Walaupun tidak bisa diberikan data statistik, namun pujian-pujian ini membuat masyarakat bawah merasa terharu akan sikap dan perilaku berpolitik seorang Taufiq Kiemas.

Semoga apa yang ditinggalkan oleh Taufiq, dapat dirawat dan disempurnakan dengan baik. Namun sekali lagi, pujian ini bisa membuat nilai tawar politik PDIP akan meningkat meskipun kita tidak bisa memastikannya secara matematis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s