Hasil Pertandingan Italia vs Jepang

Italia 1Pertandingan penyisihan grup A antara Italia dan Jepang berlangsung di Stadion Itaipava Arena Pernambuco – Recifo Pernambuco Brazil.

Hasil yang diraih akan membuka peluang bagi kedua tim menatap semifinal kejuaraan Piala Konfederasi 2013.

Kick Off babak pertama dimulai kedua tim bermain dengan hati-hati. Namun diluar dugaan Jepang langsung tancap gas dan mengendalikan permainan. Sejak menit pertama duo Jepang  Uchida dan Endo memegang peran penting dilini tengah dan memberikan pressing ketat pada tim Azzurri. Dimenit ketiga Yuto Nagatomo bergerak dari sisi kiri untuk mengirim umpan ke Endo, namun umpan panjang Nagatomo gagal menjadi gol. Jepang menguasai pertandingan bahkan lima menit babak pertama dimulai Jepang sudah memiliki dua peluang. Praktis Laga babak pertama didominasi oleh tim negeri sakura, Honda, Endo, Uchida serta pemain MU Kagawa saling tebar ancaman berbahaya ke lini pertahanan Italia. Melihat serangan bertubi-tubi, Lini belakang Italia kelihatan frustasi dan akhirnya petaka pun terjadi setelah Italia diganjar Pinalti setelah penjaga gawang Italia Gianluigi Buffon melakukan pelanggaran terhadap Okazaki di menit 20. Buffon sepertinya tidak menerima keputusan wasit memberikan penalti dia pun diganjar kartu kuning oleh wasit D. Abal yang memimpin laga tersebut. Honda yang ditunjuk sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini, 1-0 untuk keunggulan Jepang. Setelah ketinggalan Italia mencoba mengambil alih permainan, beberapa kali Balotelli mengancam namun striker AC Milan ini dijaga ketat oleh lini belakang Jepang. Keasyikan menyerang Italia kembali jebol, pergerakan Maeda dan Okazaki melakukan tekanan dilini pertahanan Italia, beruntung masih bisa dihalau Chiellini namun kemelut didepan gawang ini dimanfaatkan Shinji Kagawa untuk menjebol gawang Buffon di menit ke 33. Tertekan Italia kembali mencoba bangkit, umpan Andrea Pirlo dimanfaatkan dengan baik oleh Daniele De Rossi pada menit ke 41. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Pluit babak kedua dimulai, Italia langsung melakukan serangan lewat De Rossi, Balotelli, dan Pirlo. Serangan simultan dan sporadis yang dilancarkan Tim asuhan Cesare Prandelli memaksa Atsuto Uchida menjebol gawangnya sendiri di menit 50. Kedudukan yang seimbang membuat Italia terus menekan, lini belakang Jepang kembali melakukan kesalahan, Handsball Hasebe membuahkan pinalti untuk Italia. Mario Balotellipun mencetak gol keduanya diturnamen ini pada menit 52 setelah berhasil mengeksekusi tendangan pinalti, sekejap saja Italia berbalik unggul 3-2. Jepang kembali mencoba strategi dibabak pertama, mereka menyerang dari segala sisi. Hasilnya pun menjadi nyata, Kagawa kembali membuat kedudukan menjadi 3-3 di menit 69 setelah berhasil menaklukan Buffon. Semakin seru, panas dan emosional mewarnai menit-menit menjelang bubaran. Kedua tim saling serang namun kematangan Italia berbicara, Claudio Marchisio mengirimkan umpan kepada Sebastian Gionvico yang akhirnya menjadi gol di menit ke-86. Benar-benar mendebarkan sebab Jepang terus menekan kembali. Jika skor tetap 4-3 maka mereka akan menyusul Meksiko yang telah angkat koper lebih awal. Dimasa-masa injury time Jepang terus menekan dan berusaha menyamakan kedudukan agar peluang ke semifinal tetap terbuka. Namun permainan sengit, emosional, serta berkelas itupun usai dengan keunggulan Italia 4-3. Hasil ini membawa Italia melangkah ke semifinal bersama Brazil yang telah memastikan lebih awal sementara Jepang menjadi tim kedua yang tersingkir di turnamen ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s