Hasil Pertandingan Spanyol vs Italia

konfederasiStadion Fortaleza-Ceara menjadi saksi kemenangan Spanyol atas Italia 7-6  setelah pertandingan pada Jumat (28/6) diselesaikan lewat adu tendangan penalti dalam laga semifinal Piala Konfederasi 2013 yang diselenggarakan di Brazil.

Spanyol yang meraih Titel juara dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 memberikan berkah bagi Italia. Hal ini disebabkan jatah dari zona UEFA akhirnya di dapat oleh Italia yang juga runner up Piala UEFA setelah Spanyol ikut di kejuaraan dengan kapasitas sebagai Juara Dunia.

Kembali ke pertandingan, babak pertama dimulai, La Furia Roja langsung menggebrak. Umpan dari belakang gagal disambut oleh pemain-pemain Spanyol di pertahanan Italia setelah Pedro melepaskan tendangan mendatar dari sisi kanan. Tak lama kemudia Pedro kembali mengancam namun posisinya kurang memungkinkan sehingga tendangannya melenceng dari mistar gawang Buffon. Merasa tertekan diawal pertandingan Italia langsung membalas, kerjasama apik antara Gilardino yang menggantikan posisi Balotelli dipertandingan ini dengan De Rossi gagal dimanfaatkan oleh Giaccherini. Italia pun yang diawal pertandingan tidak begitu diunggulkan di laga ini, ternyata cukup bisa mengimbangi Spanyol. Ketidakhadiran striker andalan mereka Mario Balotelli sepertinya tidak berpengaruh, Alberto Gilardino mampu berkontribusi banyak dan sering membuat pergerakan-pergerakan yang cukup merepotkan barisan pertahanan Spanyol. Pirlo yang turun dilaga ini juga bermain sangat baik didukung oleh Maggio full Back yang cukup impresif memberi tekanan dari sisi kiri. Babak pertama berjalan sengit, kedua tim saling serang, Torres gagal memanfaatkan peluang dimenit-menit akhir babak pertama setelah menerima sodoran Xavi. Skor kacamata pun menyudahi empat puluh lima menit babak pertama.

Memasuki babak kedua Italia mengganti Barzagli dan memasukkan Kapten AC Milan Riccardo Montolivo. Kedua tim kembali saling menunjukkan taring, Spanyol beberapa kali menerobos lini belakang Italia lewat Iniesta, namun masih dapat dipatahkan Buffon. Serangan-serangan anak asuh Del Bosque ini juga dibalas oleh pasukan Azzurri lewat Marchisio, Candreva dan sang jendral lapangan tengah Andrea Pirlo. Namun sampai pertengahan babak kedua masih belum ada gol tercipta. Babak kedua  berjalan cukup berimbang dan sepertinya pertandingan ini akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Dan benar sampai pluit panjang dibunyikan Webb sebagai wasit di pertandingan ini, skor tetap berimbang 0-0.

Babak ekstra time pun terpaksa dilakukan setelah diwaktu normal kedua tim gagal menyarangkan gol. 15 menit pertama di babak ekstra time berjalan seperti babak pertama dan kedua waktu normal, kedua tim saling hati-hati dan benar-benar menjaga lini belakang masing-masing alhasil dibabak ini kedua tim juga sama-sama tidak bisa mencetak gol. Setelah Istirahat sejenak kedua tim kembali memasuki lapangan untuk menyelesaikan 15 menit ekstra time kedua, Spanyol yang ingin menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan cukup bernafsu menyerang. Mata mencoba menekan namun tendangannya melenceng diatas mistar gawang Gianluigi Buffon. Pirlo juga mencoba peruntungan namun eksekusi free kicknya terlalu jauh. Spanyol sebenarnya memiliki peluang emas lewat Xavi namun tendangan kerasnya dimentahkan tiang gawang Italia. Kedua tim tidak bisa mencetak gol selama 120 menit, pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Daftar penendang penalti :

Spanyol :

  1. Xavi (Gol)
  2. Andres Iniesta (Gol)
  3. Pique (Gol)
  4. Sergio Ramos (Gol)
  5. Juan Mata (Gol)
  6. Busquets (Gol)
  7. Jesus Navas (Gol)

Italia :

  1. Antonio Candreva (Gol)
  2. Alberto Aquilani (Gol)
  3. Daniele De Rossi (Gol)
  4. Sebastian Giovinco (Gol)
  5. Andrea Pirlo (Gol)
  6. Riccardo Montolivo (Gol)
  7. Leonardo Bonucci (Gagal)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s